Indonesia Buka Opsi Bebaskan Karantina buat Turis Asing yang Sudah Divaksinasi

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on google
Google+

Pemerintah membuka opsi untuk membebaskan kewajiban karantina bagi turis asing yang sudah divaksin alias penggunaan Vaccinated Travel Lanes (VTL). Wacana ini mencuat ketika Presiden RI Joko Widodo bersama petinggi negara lainnya mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-13 Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, para pemimpin ASEAN di sub-regional IMT-GT dan BIMP EAGA ini sepakat mendorong pengembalian travel corridor dan penggunaan VTL alias pembebasan karantina bagi turis asing yang telah divaksin.

“Para pemimpin Asean di sub-regional IMT-GT dan BIMP EAGA sepakat bahwa salah satu yang akan didorong adalah mengembalikan travel corridor, dan juga mendorong bagaimana menggunakan VTL,” kata Airlangga dalam konferensi pers KTT BIMP-EAGA dan IMF GT, dikutip Kompas.com, Senin (1/11/2021).

Airlangga menuturkan, penggunaan VTL merupakan langkah pemerintah untuk mendorong kunjungan turis asing dan memajukan sektor pariwisata usai terhantam pandemi Covid-19.

Pasalnya, selama pandemi, kunjungan turis asing di tiga negara sub-regional Asia Tenggara ini turun signifikan dari 40 juta kunjungan pada tahun 2019 menjadi 8,2 juta kunjungan di tahun 2020.

Akibatnya, pendapatan negara dari sektor pariwisata terimbas anjlok dari 29,7 miliar dollar AS tahun 2019 menjadi 6,2 miliar dollar AS pada 2020.

“Sehingga, sedang ada pembicaraan di luar IMT-GT dan BIMP-EAGA dengan Singapura terkait dengan VTL. Ini tentu jadi suatu standar baru yang dianggap bisa mendorong pemulihan di sektor pariwisata,” beber dia.

Adapun penggunaan VTL belajar dari Thailand. Dalam konferensi tersebut, Perdana Menteri Thailand sempat menjabarkan soal regulatory sandbox yang tengah diimplementasikan di negaranya.

Turis-turis asing yang sudah mendapat vaksinasi Covid-19 tidak perlu menjalani masa karantina ketika berkunjung ke Phuket. Hal ini sudah diberlakukan di negara itu sejak Juli 2021.

“Itu jadi pembelajaran bagi Indonesia. Di situ terlihat bahwa jumlah turis maupun devisa yang dihasilkan untuk masyarakat di sekitar itu meningkat. Tentu kita bisa belajar dari apa yang dilakukan Malaysia dan Thailand, kita sudah mulai membuka di Kepri maupun di Bali,” pungkas Airlangga.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Indonesia Buka Opsi Bebaskan Karantina buat Turis Asing yang Sudah Divaksinasi", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2021/11/01/144709126/indonesia-buka-opsi-bebaskan-karantina-buat-turis-asing-yang-sudah-divaksinasi.
Penulis : Fika Nurul Ulya
Editor : Ambaranie Nadia Kemala Movanita